Salah satu kegiatan olahraga yang hangat dibicarakan oleh masyarakat umum dan saat ini msedang berkembang pesat adalah futsal. Futsal merupakan olahraga yang sangat digemari oleh masyarakat umum khususnya kalangan pemuda, mahasiswa, pelajar, dan cifitas akademika, namun kurang diimbangi dengan kegiatan pembinaan. Oleh karena itu, UIN Sunan Kalijaga sebagai salah satu perguruan tinggi ingin berturut serta dalam pembinaan futsal tersebut dengan menyelenggarakan turnamen futsal antar Perguruan Tinggi se-DIY, sekaligus dalam rangka peresmian gedung olahraga futsal baru UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Kegiatan yang bertema “Dengan semangat pembinaan futsal, kita budayakan sportifitas sejak dini dikalangan mahasiswa” ini bermaksud untuk membantu pembinaan dan futsal di kalangan perguruan tinggi, mengembangkan kreativitas dan sportivitas dalam olahraga futsal, menyalurkan minat dan bakat mahasiswa dalam berolahraga futsal, menciptakan daya saing yang positif dalam berolahraga futsal, dan meresmikan serta mensosialisasikan lapangan futsal UIN Sunan Kalijaga yang baru.

Berbeda dengan Rektor Cup 2010 yang hanya lingkup mahasiswa UIN saja, Kejuaraan Futsal ini adalah Kejauaraan Futsal antar perguruan tinggi se-DIY. Yang diikuti oleh 16 Tim dengan sistem setengah kompetisi. Babak kualifikasi dengan menggunakan sistem group, tiap group terdiri dari 4 tim. Juara dan Runner up tiap group akan melaju ke babak Knock out atau gugur dengan alokasi waktu tiap pertandingan 15 menit X 2 babak.

Untuk menambah meriahnya acara, ada beberapa games yang akan direbutkan para penonton, yang dilakukan di jam istirahat dan di sela-sela antar pertandingan. Diantaranya ada games tendangan pinalti, dribling bola, dan jugling bola yang tentunya akan memperebutkan hadiah/doorprize yang sangat menarik.

Pelaksanaan dari kegiatan ini pada hari Jumat – Minggu,18 – 20 Februari  2011, dimula pada pukul 08.00 sampai dengan selesai, dan bertempat di Lapangan FUTSAL UIN Sunan Kalijaga. Pembukaan akan dilaksanan pada hari Jum’at tanggal 18 Februari 2011 yang akan dibuka secara langsung oleh Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Pada kejuaraan ini, para peserta akan memperebutkan trophy Rektor UIN Sunan Kalijaga serta uang pembinaan total Rp. 7.000.000,00 dibagi untuk juara 1 sampai juara 4, serta top scorer dan goal keeper terbaik.

Peserta yang mengikuti turnamen ini adalah UIN Sunan Kalijaga, UGM, UPN, UII, UNY, UAJY, UAD, UKRIM, UNRIYO, STMIK AMIKOM, STMIK AKAKOM, STTA AU, AA YKPN, STIKES ALMA ATA, IST AKPRIND, STITY Gunung Kidul.

Dengan adnaya Kejuaraan ini, diharapkan mampu menjadi salah satu pembangkit dan pengembang olahraga futsal di DIY yang sportif.